INDENLogo
Find Us On :
Facebook
Twitter
Instagram
google plus
Youtube
Wonderful Indonesia
Customer Service
(021) 64710048 / 64713173
Logo

Wisata Pulau Seribu

11:04 Thursday, 28 May 2015

Wisata Pulau Seribu Wisata Heritage

Dari 4 pulau terdekat dengan Teluk Jakarta, rombongan wisata akan tiba pertama kali di Pulau Bidadari, Setelah mencicipi welcome drink, rombongan akan diajak telusur pulau oleh guide melihat berbagai habitat pulau sembari bercerita tentang sejarah Pulau Bidadari sejak tahun 1679, hingga dikelola PT Seabreez Indonesia.

Icon heritage utama di pulau ini adalah Menara Martello, akan diceritakan beberapa versi sejarah, tujuan dibuatnya menara ini, hingga hancur oleh efek letusan gunung Krakatau.
Selesai telusur Pulau Bidadari, rombongan diberikan waktu untuk acara bebas seperti bersepeda, olahraga kemudian dan makan siang di restoran sebelum berangkat ke Pulau Kelor.

Setelah istirahat sejenak di Pulau Bidadari, rombongan akan diajak mengunjungi Pulau Kelor yang memilik banyak sebutan lain seperti Pulau Kherkof atau Pulau Kuburan.
Pengunjung akan diceritakan tentang pemberontak Zeven Provincien atau Kapal Tujuh.
Icon pulau ini adalah Benteng Martello yang berfungsi sebagai garda terdepan untuk menangkal serangan dari Portugis, Inggris, Spanyol bahkan Bajak Laut. Bangunan menara relatif masih baik meski sudah terkena abrasi air laut, gempa Jakarta pada tahun 1966 dan akibat letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Rombongan akan singgah sedikit lebih lama di Pulau On Rust, pulau yang juga disebut Pulau Kapal karena di tahun 1615 Belanda membangun dermaga dan galangan kapal untuk memperbaiki kapal-kapal VOC, sehingga pulau ini menjadi pulau sibuk, tak pernah istirahat, atau On Rust.
Antara th. 1800-1810, On Rust diserang dan dihancurkan armada inggris namun belanda membangunnya kembali. Pada th. 1911 peranannya beralih menjadi tempat karantina haji.
Pada th. 1972 berdasarkan sk. Gubernur DKI Jakarta no. Cb 11/2/16/1972 ditetapkan sebagai suaka purbakala. Di Pulau ini banyak sekali makam, diantaranya makam Maria van Delde , noni Belanda , ada beberapa versi mengapa ditemukan banyak makam di pulau ini yang tentunya sangat menarik didengar.

Setelah puas berkeliling pulau Onrust wisatawan akan di ajak untuk melihat pulau Cipir/Khayangan.
Penasaran mengapa namanya Khayangan/cipir? Guide akan membantu memberikan penjelasan. Cerita tentang barak haji dan Jembatan Ponton yang diperkirakan telah ada sejak 1911. Akan dikisahkan bagaimana pulau Khayangan dan On rust menjadi barak haji, dan bagaimana proses naik haji pada zaman dahulu lmembutuhkan waktu yang sangat lama melalui perjalanan laut. Rombongan akan diajak menyaksikan menyaksikan air yang surut di pantai sehingga jejak dermaga terlihat di pantai
Selepas dari Pulau Kayangan/Cipir, rombongan akan kembali ke Pulau Bidadari dan kembali ke Marina Ancol dengan speedboat.

Oleh: Bayu Saputro

Latest Wisata Pulau Seribu

Wisata Pulau Seribu Wisata Heritage
11:04 Thursday, 28 May 2015
Wisata Heritage